retrieved from cubic.id
Pada postingan saya kali ini, saya akan membahas mengenai sebuah tool yang digunakan untuk pengembangan usaha. Tool ini adalah matrix Ansoff yang biasa digunakan untuk analisis strategi positioning yang dilakukan dalam pengambilan keputusan antara produk dan pasar yang ada. Pada kesempatan kali saya akan menjelaskan jenis-jenis strategi yang ada dalam matrix Ansoff. Pada matrix Ansoff terdapat empat buah strategi yaitu:
Market Penetration
Pada pasar ini, adalah perusahaan masuk ke dalam pasar dengan barang yang serupa dengan kompetitor. Yang artinya apabila kita memasuki pasar ini berarti kita harus mengembangkan strategi pemasaran, memberikan promosi spesial, ataupun meningkatkan aktivitas penjualan. Oleh karena itu, apabila kita berada dalam pasar ini kita harus membuat barrier untuk para kompetitor baru yang bermunculan untuk menghambatnya.
Market Development
Pada jenis pasar yang satu ini, kita menawarkan produk yang sama namun pada market yang berbeda. Strategi yang harus kita ambil apabila produk kita berada pada pasar ini seperti menarget secara geografis, menggunakan segmentasi pasar, dan juga channel distribusi yang baru. Dengan menggunakan strategi tersebut kita dapat menarik pelanggan baru yang sebelumnya belum oleh kompetitor dengan produk sejenis.
Product Development
Pada jenis pasar yang satu ini kita menawarkan produk yang berbeda namun dengan market yang sama. Dan strategi yang harus dilakukan untuk masuk ke dalam pasar ini adalah dengan meningkatkan kualitas dari produk maupun jasa yang ditawarkan, sehingga konsumen akan puas. Selain itu kita juga bisa menambahkan variasi produk sehingga konsumen dapat memilih barang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dan salah satu cara lainnya adalah mengembangkan produk yang mirip dengan kompetitor.
Diversification
Pasar ini adalah pasar yang paling beresiko, karena pada jenis market ini kita mengembangkan produk baru untuk pasar baru yang belum terdapat kompetitor dengan produk sejenis. Mengapa beresiko? Karena apabila kita mengalami kegagalan dalam meluncurkan produk yang ternyata konsumen tidak butuhkan maka kita akan mengalami kerugian. Oleh karena itu sebelum melakukan peluncuran produk diperlukan pengamatan dan analisis yang dalam untuk masuk ke dalam jenis pasar ini.
Inti dari tool matrix ansoff ini adalah, bagaimana cara memposisikan produk yang kita tawarkan ke dalam pasaran. Dengan menggunakan tools ini kita dapat mengetahui mengenai resiko terhadap produk yang kita miliki.
Sekian artikel dari saya mengenai Matrix Ansoff, sampai jumpa di lain waktu.